Kamis, 10 Maret 2016

Objek Wisata Pentulu Indah di Kebumen

Objek Wisata Pentulu Indah di Kebumen - Objek wisata satu ini hampir sama dengan objek wisata Kali Biru di Jogja. Ini merupakan salah satu tempat yang sangat populer di kalangan anak muda kebumen, banyak yang rela antri demi berfoto di atas pohon . Perbedaannya jika Kali Biru dengan latar belakang seperti sungai dan hutan yang lebat, sedangkan Pentulu Indah berlatar belakang bebukitan dan hijaunya hutan yang lebat. Jika kit lihat secara sekilas , banyak yang mengira bahwa disini adalah Kali Biru Jogja. Pentulu Indah terletak di kecamatan Karangsambung, kabupaten Kebumen. Karangsambung memang dikenal memiliki keindahan alam yang mempesona dengan kondisi daerah yang sebagian besar berupa pegunungan. Untuk PI sendiri merupakan wisata alam baru yang belum lama dibuka, dan baru terkenal tahun ini.

Sebelum masuk ke Pentulu Indah  atau tempat tujuan kita naik ke menara pohon , anda akan disuguhkan pemandangan pohon pinus yang lebat dan hijau. Selain pemandangannya , udara di Pentulu Indah ini masih segar dan sejuk. Biasanya anda menikmati sunrise di gunung atau pantai . Namun jika anda ke bukit Pentulu Indah di pagi hari anda bisa melihat sunrise dari bukit Pendulu Indah. Jika anda berminat untuk melihat sunrise disini , bawalah tenda dan perlengkapannya dan camping disini. Di Pentulu indah camping ground nya cukup luas  dan datar. Perlu anda ketahui bahwa bukit Pentulu Indah ini masuk dalam wilaah cagar alam geologi Karangsumbang. Jadi jagalah kebersihan lingkungan demi kemajuan ekosistem alam.
Pentulu indah di Kebumen
Pentulu indah
Bukit Pentulu Indah ini berada di ketinggian yang tidak terlalu tinggi bahkan tidak sampai 300 mdpl. Namun pemandanganya tidak akan membuat anda kecewa. Meskipun tidak berada di wilayah yang tinggi , udara di Pentulu indah sudah sejuk dan segar. Terkadang pada pagi hari sering keluar kabut dan suasannya seperti di gunung.
  • Aksesibilitas
Pentulu Indah berjarak 21 Km ke arah utara kota Kebumen atau berkendara sekira 35 menit, lokasinya tak jauh dari Kampus LIPI Karangsambung. Jalur yang akan kita lalui adalah track menanjak . Setelah masuk ke kawasan hutan pinus yang rindang tadi, kita akan menemukan gerbang selamat datang di Pentulu Indah. Setelah kita parkirkan kendaraan kita, kita langsung naik ke atas bukit. Medannya tidak begitu sulit, bahkan cendurung mudah untuk didaki. 
  • Fasilitas
Fasilitas yang dimiliki pentulu indah cukup memadai, terutama fasilitas umumnya. Seperti toilet, tempat parkir  dan tempat untuk bersantai .
  • Harga Tiket 
Harga tiket masuk untuk wisata Pentulu indah , tergolong murah . Karena hanya dengan 2.000 Rupiah kita dapat masuk ke tempat wisata yang indah ini. Anda juga akan di kenakan biaya parkir sebesar 2.000 Rupiah untuk roda dua, dan 4.000 Rupiah untuk roda empat.
  • Lokasi
Bukit PI ini terletak di kawasan Pegunungan Paras, Dukuh Dakah, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen.


EmoticonEmoticon