Senin, 28 Maret 2016

Objek Wisata Pulau Komodo di Taman Nasional NTT

Objek Wisata Pulau Komodo di Taman Nasional NTT - Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang yang menjaga kelestarian komodo dari kepunahan atau yang sering di sebut konservasi. Komodo sendiri adalah kadal zaman purba yang masih hidup hingga sekarang , maka dari itu suatu keberkahan jika Indonesia memiliki hewan langka tersebut. Karena komodolah yang membuat pulaunya menjadi terkenal dan menjadi tempat wisata yang di kenal oleh seluruh dunia. Berhati-hatilah jika anda bertemu komodo , ikuti aturan dari pemandu wisata agar anda berwisata tetap aman , karena panjang komodo sendiri bisa sampai 2-3 meter dan memiliki gigitan yang mematikan . Gigitannya yang berbahaya karena air liur dari komodo mengandung bakteri yang mematikan.

Pada Tahun 1991 , Pulau Komodo mendapatkan pengakuan dari UNESCO .  Taman yang di dirikan pada tahun 1980 ini ,di bangun untuk melindungi komodo serta habitatnya. Tidak hanya komodo saja yang menempati pulau ini, namun ada juga 277 spesies hewan lainnya yang merupakan perpaduan dari Asia dan Australia. Pulau komodo di kelilingi laut dan pantai sehinnga pulau komodo memiliki 253 spesies terumbu karang di perairannya dan juga terkenal dengan spot divingnya. Taman Nasional Komodo juga masuk nominasi dalam 7 keajaiban dunia.
Pulau Komodo di Taman Nasional NTT
Pulau Komodo
Pulau di sisi selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur ini dengan julukan Pulau Komodo oleh orang belanda pada tahun 1910. Cerita ini berawal dari Letnan Steyn van Hens Broek yang ingin mencari tahu kebenarannya dan membuktikan laporan pasukan Belanda tentang adanya hewan besar menyerupai naga di pulau . Steyn membunuh seekor komodo dan di bawa ke Museum and Botanical Garden di Bogor untuk diteliti.
  • Aksesibilitas
Dari kota Labuan Bajo , anda dapat dengan mudah menyewa kapal-kapal lokal yang memang disediakan untuk pawa wisatawan untuk  menuju ke dua lokasi utama di Taman Nasional Komodo, yaitu di Pulau Komodo) dan di Pulau Rinca .Di kedua lokasi inilah anda dapat melihat binatang komodo dengan ditemani oleh Naturalist Guide yang sudah disediakan oleh PT Putri Naga Komodo.

Harga sewa kapal beragam, tergantung dari jenis dan kapasitas penumpang. Jika anda ingin menyewa 1 buah kapal dari Labuan Bajo menuju Pulau Komodo , harga rata-rata sekitar  1.500.000 Rupiah /hari (kapasitas 12 orang).  Untuk ke Pulau Rinca, sedikit lebih murah karena jarak tempuhnya yang lebih dekat dari Labuan Bajo, yaitu sekitar 1.200.000 Rupiah/hari (kapasitas 12 orang).
  • Fasilitas
Fasilitas yang ada di pulau komodo sudah memadai, karena ini tempat wisata kelas internasional. Faslitas yang tersedia yaitu cafe, pondok wisata, pusat informasi, jalan setapak, shalter dan juga yang terpenting adalah dermaga.
  • Harga Tiket
Bagi kita warga negara indonesia , yang ingin masuk ke taman nasional komodo di patok harga tiket yang murah. Untuk WNI anda  hanya membayar 5.000 Rupiah per orang. Jika anda mahasiswa dan rombongan harganya 3.000 Rupiah per 10 mahasiswa atau pelajar, dan itu untuk hari kerja . Jika hari libur 7.500 Rupiah per orang dan 4.500 Rupiah per 10 orang mahasiswa atau pelajar.
  • Lokasi
Taman Nasional Komodo berada di antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores di kepulauan Indonesia Timur. 


EmoticonEmoticon