Selasa, 29 Maret 2016

Tahukah Anda Pulau Simping Adalah Pulau Terkecil di Dunia

Tahukah Anda Pulau Simping Adalah Pulau Terkecil di Dunia - Ada sebuah pulau kecil berada di bibir pantai kota singkawang. Pasti kalian tidak menyangka , bahwa pulau terkecil didunia ada di Indonesa tercinta kita. Sebagai negara kepulauan, yang memiliki 17.000 lebih pulau. Menerut saya sangat logis apabila pulau terkecil itu ada di Indonesai. Pulau ini di buka sebagai tempat wisata . Karena memiliki sebuah keunikan dengan pulau terkecil di dunia.

Luas pulau ini kurang dari 1/2 hekar , dan asal usul dari pengakuan dari PBB kurang begitu jelas informasinya. Baik pada tahun berapa pulau ini ditetapkan sebagi pulau terkecil didunia. Ada sebuah papan hijau yang menyatakan "Tahukah anda ? Pulau simping adalah pulau terkecil didunia dan diakui dan tercatat PBB" .
Pulau Simping di Singkawang
Pulau Simping
Ada sebuah dasar yang menjadikan ini sebuah pulau , dan bukan sebuah batu karang. dari kamus besar bahasa Indonesia dulu, Pulau adalah sebuah daratan atau tanah yang di kelilingi oleh air, seperti laut atau danau.  Terdapat definisi pulau kecil menurut UU No. 27 Tahun 2007 Tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau Pulau Kecil, yakni pulau yang memilik luas lebih kecil atau sama dengan 2.000 Km2. Pada UNCLOS pasal 121 ayat 3 tentang pengertian batu karang dapat dianggap sebagai pulau atau fungsi berupa titik pangkal untuk menentukan lebar laut territorial, jika terdapat unsur penopang kehidupan misalnya tumbuhan secara alamiah.

Memang penetapan Pulau simping sebagai pulau terkecil di dunia tidak diragukan lagi, karena dalam definisi maupun perundang-undangan sudah memenuhi. Ada juga catatan di Guinness Book of World Record ada sebuah pulau di inggris yang memiliki pulau kecil seluas 732 m2, dan pulau itu di bagun sebuah mecusuar saja.
  • Aksesibilitas
Dibutuhkan waktu 3-4 jam perjalanan untuk mencapai pulau ini dari  kota pontianak.
  • Fasilitas
Fasilitas yang ada di area pulau simping sudah memadai seperti tempat penginapan, area parkir , dan lain sebagainya.
  • Harga Tiket
Untuk masuk di kawasan tempat wisata ini anda dikenakan biaya 20.000 Rupiah per orangnya. Jika ingin berenang, anda bisa ke kolam renang yang sudah disediakan. Ada juga sebuah kebun binatangnya, anda haru membayar 10.000 Rupiah per orangnya.
  • Lokasi
Pulau Simping berada di Teluk Ma’jantuh, Singkawang.


EmoticonEmoticon