Minggu, 13 Maret 2016

Wisata Pendakian Gunung Prau di Wonosobo

Wisata Pendakian Gunung Prau di Dieng - Pada oktober lalu saya dan teman saya mendaki gunung prahu di Dieng. karena saya tidak tau dimana lokasinya saya menggunakan google maps, tapi saran dari teman saya untuk menggunakan jalur kota bukan jalur pintas. Karena jalan pintas untuk menuju ke Dieng itu sedikit rawan, sehingga bahaya jika kesana pada malam hari . Maka dari itu jangan kesana untuk pada malam hari , apabila kesana malam hari gunakanlah pakaian berlapis karena suhu disana sangat dingin.

Gunung prau terkenal dengan viewnya yang bagus. Ketinggian gunung prau adalah 2.565 mdpl. Menurut beberapa pendaki prefesional maupun pemula , gunung ini adalah gunung yang pendek tapi memiliki keindahan tersendiri, di atasnya kita akan mendapati padang rumput berbunga dan bukit-bukit kecil seperti bukit pada film teletubuies. View yang kita dapatkan disana adalah view sunrise yang menyinari gunung Sumbing dan Sindoro, di kejauhan belakang, akan nampak pula gunung merapi merbabu. Dari beberapa gunung yang saya daki dan teman-teman  , di puncak gunung praulah yang sangat dingin.
Puncak Gunung Prau
Diatas adalah foto saya , dan di belakang adalah area camp dan juga puncaknya. Seperti yang saya katakan sebelumnya , keunikan dari gunung prau adalah puncaknya yang mirip dengan serial film masa kecil yaitu teletubuies. Rasanya seperti nostalgia di masa kecil dan kita masuk di film teletubuies itu sendiri.

Basecamp Pendakian yang saya pilih yaitu terdapat di Dusun Kalilembu yang masih satu kelurahan dengan Desa Dieng Wetan atau bahasa umumnya via kalilembu. Dari gerbang masuk Desa Kalilembu para pendaki harus menuju ke Basecamp pendakian Gunung Prau yang terdapat di dalam desa untuk regristasi data diri, istriharat sejenak ,mempersiapkan barang-barang atau peralatan yang lain untuk keperluan pendakian. Jalur pendakian melalui jalur ini memiliki 3 POS pendakian:
  • POS 1 Pelerenan
  • POS 2 Ngetuk
  • POS 3 Nganjer
Menuju puncak bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2-3 jam, untuk perjalanan pulangnya bisa ditempuh dalam waktu yang relatif lebih cepat dibandingkan perjalan keatas. Ini sebetulnya relatif karena tergantung kemampuan fisik kita .
  • Aksesibilitas
Anda bisa memilih via mana yang anda inginkan untuk mencapai puncak Gunung Prau ada 2 pilihan yang saya ketahui :
  • Via Petak Banteng
  • Via Kalilembu
Kalau saya sendiri lebih memilih di melalui via Kalilembu.
  • Fasilitas
Fasilitas di via kalilembu menurut saya basecamp yang memiliki fasilitas terbaik selama saya melakukan pendakian, ada kasur di bagian dalam kamar, ada kamar mandi , tempat ibadah. Jika anda ingin membuat kopi atau teh , tinggal buat saja . Tidak perlu membayar sepeserpun , enak bukan?
  • Harga Tiket
Anda akan di kenakan tiket masuk sebesar 15.000 Rupiah per orang untuk mendaki , dan 5.000 Rupiah per sepeda motor. Nanti motor kita akan mendapatkan stiker gratis dari basecamp , mungkin untuk sarana promosi .
  • Lokasi
Gunung Prau terletak di Kota Wonosobo, Dieng , Jawa Tengah.


EmoticonEmoticon